Jamaah AR-Fachruddin
Universitas Muhammadiyah Malang
Jamaah AR-Fachruddin
Universitas Muhammadiyah Malang

Keuntungan Menjomblo di Bulan Ramadhan

          Bulan Ramadhan itu bulan yang berkah dan bagi siapa yang bahagia menymbut bulan Ramadhan maka ia akan bahagia, di mana Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam memotivasi umatnya sebagaimana yang dikatakanan dalam hadits berikut ini:
فِي رَمَضَانَ تُغَلَّقُ فِيهِ أَبْوَابُ النَّارِ وَتُفَتَّحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُصَفَّدُ فِيهِ الشَّيَاطِينُ قَالَ وَيُنَادِي فِيهِ مَلَكٌ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَبْشِرْ يَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ
“Bulan Ramadhan; di dalamnya pintu syurga dibuka, pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu, di dalamnya pada setiap malamnya ada seruan; wahai para pencari kebaikan marilah kemari, dan wahai para pelaku kejahatan berhentilah”. (Thabrani)
        Bulan Ramadhan itu juga bulan yang penuh berkah, tak kecuali untuk para "Jomblo". Menjomblo di bulan Ramadhan itu bisa berjaya dalam memperbanyak ibadahnya. Keuntungan bagi para menjoblo ini sungguh luar biasa. Berikut akan dipaparkan beberapa keuntungannya:

1. Sering Membaca Al Qura’an daripada Menulis Status Kangen Dia
Alhamdulilah jomblo berbahagia di bulan Ramadhan dan lebih fokus untuk beribadah dengan membaca Al Qur’an. Karena sebaik-baik obat di kala hati gundah salah satunya adalah dengan membaca Al Qur’an. Apalagi di bulan puasa, pahala bisa dilipat gandakan pula. Dari pada baca status dan nulis status nggak jelas, nantinya akan menimbulkan fitnah dan jadi salah kapra. Rencananya mau dapat pahala malah dapetin fitnah. Manfaat membaca Al Qur’an, sebagaimana dikatakan bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Pada bulan inilah Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana dalam firman-Nya:
(شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ (البقرة: ١٨٥
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil) [Al-Baqarah:185]

2. Lebih Menjaga Hati
Setiap insan menjaga hatinya dengan baik, dan setiap hati yang baik ialah mereka yang merasa tentram. Abu Hurairah pernah menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

إِنَّ الله لاَ يَنْظُرُ إِلَى أَجْسَادِكُمْ وَلاَ إِلَى صُوَرِكُمْ وَلٰكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ، وَأَشَارَ بِأَصَابِعِهِ إِلَى صَدْرِهِ.
"Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasadmu, dan tidak pula kepada bentukmu, akan tetapi Dia melihat kepada hati kamu, kemudian menunjuk ke dadanya dengan telunjuknya." (HR. Muslim, no. 2564).
Dengan menjaga hati, maka kita akan fokus tuk beribadah pada Allah Subhana Wa Ta'ala di bulan Ramadhan tersebut.

3. Menjadi Insan yang Baik
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناس
“Sebaik-Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”
Hadist diatas menunjukan bahwa Rasulullah menganjurkan umat islam selalu berbuat baik terhadap orang lain dan makhluk yang lain. Hal ini menjadi indikator bagaimana menjadi mukmin yang sebenarnya. Kita telah menjaga hati, namun setidaknya kita memperbaiki diri dengan menjalani hari-hari dengan kebaikan, maka kelak engkau In syaa Allah menjadi orang yang baik di sisi Allah Subhana Wa Ta’ala maupun dimata manusia.

4. Dipenuhi Rasa Tenang
Orang yang menjomblo di bulan Ramadhan akan dipenuhi rasa tenang didirinya, Karena fikiran hanya teruntuk pada sang Kholiq tuk melaksanakan apa yang telah menjadi kewajibannya. Seperti, membaca Al Qur’an maupun menghafalnya dan melakukan aktifitas yang bermanfaat baik baginya maupun orang lain.

          Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan bahwasannya setiap yang menjomblo pada bulan Ramadhan akan lebih damai dan fokus untuk beribadah, namun hal lain baginya ketika telah ada yang sah disisinya pasti akan merasa lengkap. Namun Allah Subhana Wa Ta’ala tidak melihat itu namun yang Allah Subhana Wa Ta’ala lihat adalah ibadahnya yang sungguh-sungguh serta dengan sabar dan ikhlas menjalaninya.
Semoga tulisan singkat ini, bermanfaat oleh para pembaca..Aamiin
 

Oleh: Tri Putri Elfika

Shared: